Minggu, 19 Januari 2014

SEJARAH KOPERASI DI INGGRIS

Koperasi sebenarnya sudah ada sebelum terjadinya revolusi industri terjadi. Koperasi sudah digagaskan oleh Robert Owen pada tahun 1771-1858 pada usah pemintalan kapas di New Lanark, Skotlandia.  Karena melihat peluang bagus maka gerakan ini dikembangkan lagi oleh William King pada tahun 1786-1865 dengan cara mendirikan sebuah toko kopersi di Brighton, Inggris. Dan pada 1 Mei 1828 terbitlah publikasi bulanan yang bernama The Coorperator, yang berisikan gagasan dan saran praktis untuk mengelola toko  dengan menggunakan prinsip koperasi. 

awal mula koperasi di Inggris

lahirnya koperasi di Inggiris memiliki kaitan dengan adanya revolusi industri, terjadinya revolusi indosrti tidak memberikan hasil yang maksimal untuk memperbaiki tatanan ekonomi Inggris pada saat itu. Karena pada saat revolusi industri sistem ekonomi yang dipakai adalah kapitalisme yang hanya menguntungkan untuk para pemilik modal. Dalam masa perekonomian yang sulit ini muncullah koperasi pertama di Inggris dengan nama Koperasi Rochdale dan dipimpin oleh Charles Howart pada tanggal 24 Oktober 1844. Sampai saat ini tanggal tersebut diperingati sebagai hari Gerakan Koperasi  Modern.

Pada awalnya, usaha yang dijalankan Koperasi Rochdale  adalah penyediaan barang barang untuk konsumsi sehari-hari. Lama kelamaan koperasi ini mendirikan sebuah pabrik dan perumahan untuk para anggotanya, pembangunan pabrik pun membuka banyak lapangan pekerjaan baru untuk memeperbaiki kondisi perekonpmian pada saat itu. Beberapa tahun kemudian, koperasi mulai masuk ke dalam kegiatab pendidikan dengan membangun dan menyediakan tempat membaca surat kabar. Setelah melihat keberhasilan Koperasi Rochdale , berdirilah sekitar 100 koperasi pada tahun 1852, untuk memperkuat gerakan koperasi ini didirikan lah pusat koperasi pembelian The Cooperative Whole-sale Society (C.W.S). Pusat koperasi ini sangat berkembang hingga pada tahun 1945 CWS memiliki 200 unit pabrik dan 9000 pekerja.

16 komentar: