Jumat, 29 Maret 2013

KARAKTER

A. PENGERTIAN KARAKTER

      Menurut bahasa, karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan ahli psikologi, karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seseorang individu. Karena itu jika karater seseorang dapat kita ketahui maka dapat kita ketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap dalam kondisi tertentu.

1. DEFINISI KARAKTER MENURUT PARA AHLI

1. SUYANTO

Mendefinisikan karakter sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas setiap individu untuk hidup dan berkerja sama baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

2. KERTAJAYA

Karakter dalah ciri khas yang dimiliki suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah asli dari mengkar kepribadian benda atau individu tersebut, serta merupaka "mesin" yang mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berucap dan merespon sesuatu.

3. KAMUS PSIKOLOGI

Karakter adalah kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis atau moral misalnya kejujuran seseorang dan sifat sifat yang relativ tetap

2. UNSUR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER

Unsur terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran, karena pikiran yang di dalamnya terdapat seluruh program yang terbentuk dari pengalaman hidupnya.  Program ini kemudian membentuk pola berpikirnya yang bisa mempengaruhi perilakunya. Jika program yang tertanam sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran universal, maka perilakunya berjalan selaras dengan hukum alam. Hasilnya perilaku tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum universal. Oleh karena itu pikiran harus mendapatkan perhatian khusus. Pikiran sadar yang secara fisik terletak di bagian korteks otak bersifat logis dan analisis dengan memiliki pengaruh sebesar 12% dari kemampuan otak. Sedangkan pikiran bawah sadar secara fisik terletak di medulla oblongata yang sudah terbentuk ketika masih di dalam kandungan. Karena itu. ketika bayi yang dilahirkan menagis, bayi tersebut akan tenang di dekapan ibunya karena dia sudah tidak merasa asing lagi dengan detak jantung ibunya. Pikiran bawah sadar bersifat netral dan sugestif 

B. PENDAPAT TENTANG DEFINISI KARAKTER TERSEBUT

Menurut saya semua pendapat yang disampaikan oleh para ahli mempunyai maksud yang sama hanya cara menjelaskannya saja yang berbeda. Bahwa definisi karakter adalah kebiasaan, kepribadian, ciri khas setiap individu yang berbeda dan tidak memiliki persamaan dari satu individu dengan individu lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar