Minggu, 15 Juni 2014

KETAHANAN NASIONAL

  • Latar Belakang

Sejak proklamasi kemerdekaan pasa tanggal 17 Agustus 1945, bangsa dan negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan posisi geografis, potensi sumber kekayaan alam,serta besarnya jumlah dan kemampuan penduduk yang dimiliki, Indonesia menajadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh negara-negara besar dan adikuasa. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, Negara Kesatuan Republik Indonesia masih tetap tegak berdiri sebagai satu bangsa dan negara yang merdeka, bersatu, dan berdaulat. Hal tersebut membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki keuletan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengatasi setiap bentuk tantangan, ancaman hambatan, dan gangguan dari mana pun datangnya.

Republik Indonesia adalah negara yang memiliki UUD 1945 sebagai konstitusinya. Kedaulatan ada ditangan rakyat dan sistem negara bersifat demokratis. Dengan demikian kondisi Kehidupan Nasional merupakan pencerminan Ketahanan Nasional yang didasari oleh landasan idiil Pancasila, landasan konstitusional UUD 1945, dan landasan visional Wawasan Nusantara.


  • Pokok Pokok Pikiran

1. Manusia Berbudaya

Manusia senatiasa berjuang mempertahankan eksistensi, pertumbuhan, dan kelangsungan hidup berupaya memenuhi kebutuhan materi maupun spiritual. 

2. Tujuan Nasional, Falsafah Bangsa, dan Ideologi Negara

Tujuan nasional menjadi pokok pikiran dalam Ketahanan Nasional karena suatu negara, apapun bentuknya, akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah internal dan eksternal dalam proses mencapain tujuan yang telah ditetapkannya. Falsafah dan Ideologi juga menjadi pokok pikiran hal itu tampak dari makna falsafah dalam pembukan UUD 1945.

  • Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia
Ketahanan Nasional (Tannas) Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi. Ketahanan Nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan. Proses berkelanjutan untuk memujudkan kondisi tersebut dilakukan berdasarkan pemikirian geostrategi berupan konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan kondisi bangsa dan konstelasi geografi Indonesia. Konsepsi tersebut dinamakan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia.

  • Hakikat Tannas dan Konsepsi Tannas Indonesia

1. Hakikat ketahanan Indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapain tujuan nasional.

2. Hakikat konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional.

  • Asas-Asas Tannas Indonesia

1. Asas kesejahteraan dan keamanan.
2. Asas konprehensif integral atau menyeluruh terpadu.
3. Asas mawas kedalam dan mawas keluar.
4. Asas kekeluargaan.

  • Sifat Ketahanan Nasional Indonesia

1. Mandiri
Ketahanan nasional percaya pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta pada keuletan dan ketangguhan, yang mengandung prinsip tidak mudah menyerah, dengan tumpuan pada identitas, integritas, dan kepribadian bangsa.

2. Dinamis
Ketahanan nasional tidaklah tetap. Karena itu, upaya penigkatan ketahanan nasional harus senatiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk mencapai kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

3. Wibawa
Makin tinggi tingkat ketahanan nasional Indonesia, maka tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara Indonesia.

4. Konsulatasi dan Kerjasama
Konsepsi ketahanan nasional Indonesia tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antaginistis, tidak mengandalkan kekuasaan dan kekuatan fisik semata, tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif, kerjasama, serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatn moral dan kepribadian bangsa.

- Pengaruh Apek Ketahanan Nasional Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Tannas sesungguhnya merupakan gambaran dari kondisi sistem(tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek dalam saat tertentu. Tiap-tiap aspek, terutama aspek aspek dinamis, didalam tata kehidupan nasional relative berubah menurut waktu, ruang, dan lingkungan sehingga interaksinya menciptakan kondisi umum yang sangat kompleks dan amat sulit dipantau. Dalam rangka pemahaman dan pembinaan tata kehidupan nasional tersebut, diperlukan penyederhanaan tertentu dari berbagai aspek kehidupan nasional. Aspek yang mendukung kehidupan, yaitu:

1. Aspek yang berkaitan dengan alam bersifat statis, yang meliputi aspek geografi, aspek kependudukan dan aspek sumber kekayaan alam.

2. Aspek yang berkaitan dengan sosial bersifat dinamis, yang meliputi aspek ideologi, aspek politik, aspek sosial budaya dan aspek pertahanan dan keamanan.

- Pengaruh Aspek Ideologi

Ideologi adalah suatu sistem nilai sekaligus kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Ideologi juga mengandung konsep dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh suatu bangsa.

- Pengaruh Aspek Politik

Politik berasal dari kata politics yang mengandung makna kekuasaan(pemerintahan) dan policy yang berarti kebijaksanaan. Di Indonesia, kita tidak memisahkan politics dan policy. Hubungan ini tercermin pada pemerintahan negara yang berfungsi sebagai penentu kebijaksanaan dan ingin memuwujudkan aspirasi serta tuntutan masyarakat. Karena itu, kebijaksanaan pemerintahan negara tersebut harus serasi dan selaras dengan keinginan dan aspirasi masyarakat.

- Pengaruh Aspek Ekonomi

Perekonomian adalah salah satu aspek kehidupan nasional yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat, yang meliputi produksi, distribusi, serta konsumsi barang dan jasa, dan dengan usaha usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

-Pengaruh Aspek Sosial Budaya

Istilah sosial budaya mencangkup dua segi utama kehidupan bersama manusia, yaitu segi sosial dimana manusia harus mengadakan kerjasama demi kelangsungan hidupnya dan segi budaya yang merupakan keseluruhan tata nilai dan cara hidup yang manifestasinya tampak dalam tingkah laku dan hasil tingkah laku yang terlembagakan.

- Pengaruh Aspek Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan Indonesia adalah kemestaan daya upaya seluruh rakyat Indonesia dalam mempertahankan dan mengamankan negara demi kelangsungan hidup bangsa dan negara republik kesatuan Indonesia. Pertananan dan keamanan negara republik Indonesia dilaksanakan dengan menyusun, mengerahkan, dan menggerakan selutuh potensi nasional, termasuk kekuatan masyarakat diseluruh bidang kehiduoan nasional secara terintegrasi dan terkordinasi.

  • Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia
Kondisi kehidupan nasional merpakan percerminan ketahanan nasional yang mencangkup aspek ideologi, politk, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Apabila setiap warga negara Indonesia memilki semangat perjuangan bangsa, sadar serta perduli terhadap pengaruh yang timbul serta dapat menggeleminir pengaruh tersebut, ketahanan nasional Indonesia akan berhasil. Perwujudan ketahanan nasional memerlukan satu kebijakan umum dan pengambilan kebijakan yang disebut politik dan strategi nasional(polstranas).


SUMBER : Sumarsono, Pendidikan Kewarganegaraan, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar