Pengertian Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah proses dimana pasar
dibagi menjadipara pelanggan yang terdiri atas orang-orang dengan berbagai
kebutuhan dan karakteristik yang sama yang mengarahkan mereka untuk merespon
tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara
yang sama.
Klarifikasi
Variable Segmentasi Berdasarkan Ancangan Objektif dan Subjektif
No
|
Kategori Resiko
|
Deskripsi
|
Contoh
|
1
|
General level (konsumsi)
|
Usia, tingkat pendidikan, area geografis
|
Gaya hidup, nilai-nilai umum, kepribadian.
|
2
|
Domain-specific level (kelas) produk
|
Frekuensi pemakaian, subtitusi, komplementaritas
|
Persepsi, sikap, preferensi, minat, opini,
domain-specific values.
|
3
|
Specific level (merek)
|
Loyalitas merek (behavioral), frekuensi pemakaian
|
Loyalitas merek (sikap), preferensi merek, minat
pembelian.
|
Alasan
Menentukan Segmentasi Pasar
Pengenalan pasar sangat penting bagi
keberhasilan pemasar. Yang dimaksud mengenal pasar disini adalah mengenal
berbagai pasar sasaran yang membentk keseluruhan pasar. Oleh karena itu sangat
penting bagi pemasar bukan saja mengenal siapa yang membeli produk tapi juga
mengakui bahwa tidak semua orang membeli dengan alasan yang sama. Apanila
pemasar memiliki pengetahuan dan infomasi lengkap tentang ini, maka dapat
membantu mereka dalam merancang strategi-strategi pemasaran yang tepat dan
optimal.
Manfaat
Segmentasi Pasar
- Mengidentifikasi pengembangan produk baru.
- Analisis tentang berbagai segmen pelanggan potensial menunjukkan satu atau lebih kelompok yang memiliki kebutuhan dan minat-minat spesifik tidak dipuaskan dengan baik oleh tawaran-tawaran pesaing.
- Membantu dalam mendesain program-program pemasaran yang paling efektif.
- Untuk mrncapai kelompok-kelompok pelanggan yang homogeny dengan memusatkan perhatian pada suatu golongan tertentu, maka akan mempermudah dalam menetapkan harga yang sesuai dengan kondisi ekonomi mereka.
- Memperbaiki alokasi strategi sumber daya pemasaran.
Identifikasi
Segmen Pasar
- Deskriptor fisik
Digunakan untuk menggambarkan konsumen
berdasarkan factor-faktor demografi.
- Deskriptor perilaku umum
Deskriptor mencoba menghasilkan pemahaman
yang lebih baik mengenai mengapa dan bagaimana konsumen berperilaku di pasar.
- Kelas social
Dengan menggunakan dokumentasi nilai-nilai
dari berbagai kelas, memungkinkan para peneliti untuk mengetahui perilaku
tertentu yang berkaitan produk tertentu.
Syarat
–syarat Segmentasi yang Efektif
- Ukuran yang tepat calon pelanggan yang memadai. Melibatkan trade-off antara keseragaman pelanggan dan pengaruh skala.
- Dapat diukur penggunaan variable yang bisa diukur sebagai basis segmentasi.
- Mudah dicapai, segmen-segmen didefinisikan untuk mendukung target pemasaran.
- Tanggapan yang berbeda, segmen-segmen garus menanggapi secara berbeda satu atau lebih variable pemasaran
Analisis demografi adalah salah satu analisis yang digunakan dalam segmentasi pasar dengan cara membagi-bagi pasar menjadi grup-grup dengan dasar pembagian seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi adalah informasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengindentifikasi target market, informasi demografi adalah infoemasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi, meski tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan unutk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Demografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar