Jumat, 03 Oktober 2014

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah proses dimana pasar dibagi menjadipara pelanggan yang terdiri atas orang-orang dengan berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama yang mengarahkan mereka untuk merespon tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama.

Klarifikasi Variable Segmentasi Berdasarkan Ancangan Objektif dan Subjektif
No
Kategori Resiko
Deskripsi
Contoh
1
General level (konsumsi)
Usia, tingkat pendidikan, area geografis
Gaya hidup, nilai-nilai umum, kepribadian.
2
Domain-specific level (kelas) produk
Frekuensi pemakaian, subtitusi, komplementaritas
Persepsi, sikap, preferensi, minat, opini, domain-specific values.
3
Specific level (merek)
Loyalitas merek (behavioral), frekuensi pemakaian
Loyalitas merek (sikap), preferensi merek, minat pembelian.

Alasan Menentukan Segmentasi Pasar
Pengenalan pasar sangat penting bagi keberhasilan pemasar. Yang dimaksud mengenal pasar disini adalah mengenal berbagai pasar sasaran yang membentk keseluruhan pasar. Oleh karena itu sangat penting bagi pemasar bukan saja mengenal siapa yang membeli produk tapi juga mengakui bahwa tidak semua orang membeli dengan alasan yang sama. Apanila pemasar memiliki pengetahuan dan infomasi lengkap tentang ini, maka dapat membantu mereka dalam merancang strategi-strategi pemasaran yang tepat dan optimal.

Manfaat Segmentasi Pasar
  • Mengidentifikasi pengembangan produk baru.
  • Analisis tentang berbagai segmen pelanggan potensial menunjukkan satu atau lebih kelompok yang memiliki kebutuhan dan minat-minat spesifik tidak dipuaskan dengan baik oleh tawaran-tawaran pesaing.
  • Membantu dalam mendesain program-program pemasaran yang paling efektif.
  • Untuk mrncapai kelompok-kelompok pelanggan yang homogeny dengan memusatkan perhatian pada suatu golongan tertentu, maka akan mempermudah dalam menetapkan harga yang sesuai dengan kondisi ekonomi mereka.
  • Memperbaiki alokasi strategi sumber daya pemasaran.


Identifikasi Segmen Pasar
  • Deskriptor fisik


Digunakan untuk menggambarkan konsumen berdasarkan factor-faktor demografi.
  • Deskriptor perilaku umum


Deskriptor mencoba menghasilkan pemahaman yang lebih baik mengenai mengapa dan bagaimana konsumen berperilaku di pasar.
  • Kelas social


Dengan menggunakan dokumentasi nilai-nilai dari berbagai kelas, memungkinkan para peneliti untuk mengetahui perilaku tertentu yang berkaitan produk tertentu.

Syarat –syarat Segmentasi yang Efektif
  • Ukuran yang tepat calon pelanggan yang memadai. Melibatkan trade-off antara keseragaman pelanggan dan pengaruh skala.
  • Dapat diukur penggunaan variable yang bisa diukur sebagai basis segmentasi.
  • Mudah dicapai, segmen-segmen didefinisikan untuk mendukung target pemasaran.
  • Tanggapan yang berbeda, segmen-segmen garus menanggapi secara berbeda satu atau lebih variable pemasaran
Analisis Demografi

Analisis demografi adalah salah satu analisis yang digunakan dalam segmentasi pasar dengan cara membagi-bagi pasar menjadi grup-grup dengan dasar pembagian seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi adalah informasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengindentifikasi target market, informasi demografi adalah infoemasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi, meski tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan unutk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Demografi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar